Chocolate Lava Cake Yang Sedang Viral

Chocolate Lava Cake Yang Sedang Viral

Salah satu cara untuk mengisi waktu selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat adalah dengan memasak. Pilihan makanan enak dan praktis pun menjadi pilihan untuk dibuat selama PPKM Darurat ini. Salah satu menu yang bisa Anda bikin di rumah selama PPKM Darurat adalah chocolate lava cake. Kue cokelat lumer ini bisa Anda bikin meski tanpa oven yang tentunya dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Choco Lava Cake

Chocolate Lava populer adalah cake yang sedang viral sebagai salah satu hidangan penutup yang banyak disukai masyarakat di dunia khususnya di Indonesia. Dari luar, chocolate lave cake sesungguhnya muncul layaknya kue cokelat biasa. Tapi jika dipotong, cokelat hangat yang meleleh ke luar berikan sensasi kecantikan dan rasa yang sangat lezat.

Molten Chocolate Cake lebih dikenal dengan sebutan lava cake. Pada jaman 1990-an sempat menjadi idola dessert. Disebut lava cake dikarenakan sementara kue dibelah maka keluaran cairan saus cokelat, layaknya lahar pada gunung berapi. Selain itu lava cake termasuk dikenal dengan sebutan kue truffle cokelat.

Sejarah Choco Lava Cake

Kue cokelat cair ini menjadi sangat umum, sehingga pada tahun 2013, penulis makanan Mark Bittman dulu menyatakannya sebagai “the Big Mac of Desserts”. Di balik kelezatan dan kepopuleran lava cake, ada peristiwa perang tentang siapa orang pertama yang menciptakan kue ini. Dua chef pada tahun 1980-an mengklaim mendapatkan kue itu. Masing-masing chef mengklaim dengan cara yang berbeda selama enam tahun 1981-1987.

Chef pertama yang memulai debut lava cake adalah Michel Bras. Jika Churros berasal dari Spanyol sedangkan Choco Lava Cake ini berasal dari salah satu Chef legendaris asal Perancis pada 1981 mengklaim pertama kalinya hidangan itu di restoran Laguiole, Perancis. Bras menyebutkan pada Thrillist, gagasan itu mampir kepadanya setelah perjalanan ski dengan anak-anaknya. ‘Saya ingin meluapkan kesenangan saya dikala pulang rumah untuk bisa bersantai memainkan Slot Terpercaya Deposit Via Pulsa dan ditemani secangkir cokelat panas setelah seharian bermain ski’¬†katanya.

Beberapa chef ada yang membuat cake ini sesuai dengan metode Bras, namun umumnya kebanyakan lebih mengikuti metode Vongerichten. Mereka lebih memilih tengah yang tidak cukup matang daripada inti ganache yang meleleh. Kue cair itu termasuk sempat sangat populer dan dinikmati oleh anak-anak saat berada di taman hiburan paling populer, Disney 1997.

Bahan-bahan untuk membuat choco lava cake

100 gr mentega
150 gr dark chocolate cincang
2 butir telur
1 butir kuning telur
40 gr gula pasir
3 sdm tepung terigu protein sedang
1/4 sendok garam
1 sendok cokelat bubuk
chocolate powder secukupnya

Langkah-langkah untuk membuat chocolate lava cake

Lelehkan mentega lantas tuangkan ke atas cokelat yang telah dicincang. Selanjutnya aduk hingga tercampur rata. Sisihkan sejenak.

Kocok telur dan juga gula hingga larut dan berwarna pucat. Tambahkan tepung terigu dan cokelat bubuk, aduk rata.

Masukkan campuran cokelat yang telah bersuhu ruang kemudian aduk rata.

Olesi wadah dengan mentega dan cokelat bubuk lantas tuang adonan hingga memenuhi 1/2 wadah. Tutup dengan alumunium foil.

Panaskan wajan dan isi dengan air hingga 1/2 panci. Masukkan lava cake dan steam dengan api kecil selama 10 menit.

Keluarkan lava cake dari cetakan dan sudah siap untuk disajikan

Untuk mempercantik tampilan, taburkan gula halus dan bubuk cinnamon di atas choco lava yang telah di sajikan di atas piring saji. Kamu juga bisa memberi tambahan buah cerry atau strawberry, sehingga makin menggugah selera.